Friday, October 4, 2013

Road to Singapore for Watching Singapore GP Formula One 2013's Report


Belum sebulan paska Singapore Trip bulan Agustus 2013, aku balik lagi ke Singapur bulan September. Rencana bulan September ini misinya udah jelas banget dan tiket pesawat Air Asia udah dibeli dari jauh-jauh hari banget yaitu bulan Januari 2013 karena mau nonton Singapore GP Formula One. Tahun 2010, aku juga pernah nonton F1 Singapore GP sih, yang kisah perjalananya bisa dibaca disini. Setelah off 2 tahun, aku nonton lagi, bedanya, secara udah 'lebih makmur', nontonnya naik tingkat, bukan zone 4 walkabout/berdiri lagi tapi udah nyoba yang zone 3 grandstand/duduk dan kali ini, murni nonton tanpa ada stalking driver-nya. Waktu beli tiket harganya masih murah 208 SGD untuk 3 day passes/person karena masih early sale dan dapat diskon karena beli 4 tiket. Yes, trip kali ini diisi 4 ladies, ada Eneng Ay yang memang buddy-trip, temennya eneng Ay yaitu Intan-Pop dan anggota terakhir adalah anak couchsurfing, Intan-Jilbab.

Aku sendiri untuk trip ini ambil cuti sisa tahun 2012 dan 2013 sebanyak 5 hari since planning-nya, selain mau nonton F1, rencananya juga mau main ke Universal Studio Singapur juga. Yang agak buat was-was sih bukannya kerjaan, tapi justru diklat yang lagi diikutin dan kuliah yang masih baru-baru gitu. Untuk diklat sih berhasil nego ujiannya dimajuin, kalau kuliah, takutnya bolos banyak yang bikin nggak ngerti. Oia, lucunya sih, kita berempat nggak berangkat dari Jakarta-nya barengan. Aku berangkat sama nyokap yang memang mau ngurus Mas Athar pada Jum'at pagi. Intan Jilbab berangkat jum'at sore, sementara Eneng Ay dan Intan Pop berangkat sabtu pagi. Intan Jilbab rencananya juga stay di aparto oldsis sementara Eneng Ay dan Intan Pop udah mesen hostel. So... here we go!

Fri, Sept, 20th, 2013
Malem itu aku nggak tidur. Gimana mau tidur, pulang kuliah sampe rumah around 11 am, terus beres-beres baju and voila, udah jam 1 pagi aja sementara aku sama Mama harus berangkat jam 3 pagi karena kita dapet early morning flight. Jam 3 dianterin Papa ke Citos untuk naik blue bird, pas sampe di bandara Soekarno Hatta Terminal 3, baru sekitar jam 4, masih banyak waktu senggang sambil nunggu check in. Pas check in sempet ada masalah gara-gara excess baggage buat kopor mamaku since batas kopor bagasi 15 kilos dan carry luggage 7 kilos. Alhasil harus nambah 315 IDR buat kelebihan muatan. Kalau digabung sama airport tax berdua yang 300 IDR, udah hampir seharga tiket PP Jakarta-Singapur aku. Padahal ya, aku sendiri nggak pake bagasi dan cuma bawa dua tote bag aja. Setelah selesai bayar-bayar, jam 5 kita udah masuk waiting room, and then, solat Subuh, masuk pesawat around 6 am.

Di pesawat aku yang memang kurang tidur sayangnya nggak bisa pules banget karena Mama agak ribet. First, kita kepisah seat sementara Mama maunya kita sebelahan. Alhasil aku terpaksa minta tolong bapak bule sebelah mama buat tukeran seat, untungnya dia mau sih padahal kursi aku lebih kebelakang. Terus pas ditengah-tengah Mama minta pipis dan minta breakfast juga. Around 8 am, kita udah sampe di Changi Airport, isi kartu izin, eh tapi pas pemeriksaan sempet agak ribut sama petugasnya imigrasinya karena dia minta alamat lengkap sementara aku cuma tulis Toa Payoh. Duh, alhasil nyalain hp dulu buat liat alamat oldsis dan nulisin nomor handphone oldsis di kartu imigrasi. Setelah beres, rencana awal mau naik MRT aja tapi kok liat Mama nggak tega juga ya, akhirnya aku mutusin naik taksi ke Toa Payoh.

Aku main sebentar sama Mas Athar. And around 4 pm, udah siap jalan lagi ke Marina Bay. Walaupun jadwal hari ini cuma uji coba tapi sayang juga sih kalau tiketnya nggak dipake. Apalagi, nanti malemnya ada konser Big Bang *kayak ngerti aja, padahal nggak ngerti sama sekali*. Setelah turun di MRT City Hall dan jalan jauh, pas sampe gate, mesti 'berjuang' untuk nyari kursi di kawasan Bay Grandstand. Oia, sebelumnya, aku beli ponco dan ear plug karena suara mobil balap akan berisik banget. Walaupun jalan agak jauh but turned out, I'm totally satisfied with the view! Beruntung banget dapet kursi deket pantai, bisa kelihatan Marina Bay Sands dan Singapore Art Science Museum, a beautiful view! Jadinya kalau lagi nggak ada mobil balapan, bisa asyik liatin pemandangannya. Kelar uji coba, around 9 pm, aku keluar ke fan zone, makan hotdog dan coke sambil foto-foto suasana fan zone yang seru dengan berbagai hiburan.


Around 10 pm, aku jalan ke padang stage buat nonton Big Bang. Texting-an sama Intan Jilbab yang ternyata pesawatnya di-delay sehingga dia nggak akan sampe sebelum tengah malem. The concert was quite good ya, kelihatan banget kalau mereka -like other Korean singer- memang dilatih buat jadi entertainer sejati. Konsernya colorfull banget dan bikin betah nonton selama 90 menit. Konser selesai mepet jam 12 malem, tapi aku udah was-was kalau MRT bakal nggak ada but luckily, ternyata masih beroperasi tuh *yay!*. Sayangnya sih, pas sampe stasiun, bus ke Toa Payoh udah nggak beroperasi. Waktu itu udah hampir jam 1 malem dan aku terpaksa keluar stasiun dan jalan agak jauh ke tempat taxi stop-nya sampe akhirnya ada taksi *yay again!*. Around 1.30 am, aku sampe rumah dan untungnya sih udah dibawain card key sehingga nggak perlu bangunin orang rumah.

Sat, Sept, 21th, 2013
Pagi-pagi, around 6 am, aku harus jemput Intan Jilbab di stasiun MRT Toa Payoh karena dia kan belum ngerti lokasi aparto oldsis. Aku sempet agak telat karena sebelumnya ya baru pulang pagi, hihihi sempet nggak enak sama Mama tapi Mama ternyata cuek aja. Dan emang aku tuan rumah yang payah, pagi itu aku langsung bablas tidur lagi sementara Intan Jilbab kayaknya sih ngobrol sama mamaku. Oia, aku bangun baru sekitar jam 11-an sementara Intan Jilbab udah pergi. kata Mama, dia mau jalan-jalan. Siang itu aku sama Intan Jilbab janjian di Orchard karena mau nemenin dia ketemuan sama orang juga dan sedikit belanja. Setelah lunch di Mc Donalds, aku yang seharusnya nemenin Intan Jilbab malah ikutan belanja jam-jam murah dan beliin satu tas kanvas yang dibeli bulan kemarin buat si mas.

Sorenya, kita janjian ketemuan sama Eneng Ay dan Intan-Pop di Orchard juga. Mereka berdua baru tadi pagi nyampe di Singapur. Setelah ketemuan dan bagi-bagi tiket, around 6 pm, kita berempat langsung menuju Marina Bay Sands. Oia, seperti biasa, kita harus turun di MRT City Hall karena akses menuju stasiun MRT setelah City Hall kan udah ditutup, main bentar di City Link Mall, jajan milk tea dan lalu jalan kaki ke gate-nya. Sempet norak juga ya foto-foto di depan gate, but sadly, tas Eneng Ay kan sempet jatuh dan pas dicek, lensa penutup kamera SLR-nya pecah gitu walaupun masih bisa dipake. Sore itu kita balik ke Bay Grandstand dan asyik nikmatin kualifikasi walaupun sih.... tetep aja kok walaupun duduk dan lokasinya deket tikungan, mobil-mobil itu tetep keliatan kecil sehingga mau nggak mau ya tetep mantengin dari layar.

Karena nggak mau ketinggalan The Killers, sebelum jam 9, kita langsung menuju Padang Stage. Venue udah penuh banget, kita berempat pun terpaksa nyempil-nyempil demi nemu posisi tengah. Tapi sayangnya, karena badanku pendek, tetep aja sih nggak keliatan panggungnya. Agak perjuangan kalau inget crowd-nya malem itu antara rusuh-rusuh tapi weird. The Killers-nya keren! Brandon ganteng banget walaupun kurang interaktif. Kelar nonton, Around 12 pm, kita sempet duduk dipinggir jalan sambil nunggu kerumunan orang. Intan-Pop sempet histeris saat liat ada orang yang ngasihin stick drum ke cewe bule dan bilang itu stick drummer-nya The Killers. Jelas dong Intan-Pop yang memang nge-fans The Killers jadi histeris. Around 01.00 am, kita balik ke stasiun MRT. Luckily, kita masih dapet MRT ke Toa Payoh. And then, as usual, naik taksi lagi ke aparto yang sekarang sudah bisa di-share sama Intan-Jilbab apalagi biarpun deker, rate taxi kalau malam kan lebih mahal. Around 2 am, kita sampe, what a tiring day!

Sun, Sept, 22th, 2013
The last day of Formula 1 Singapore GP! Instead of 'merhatiin' jadwal banget. Aku sama Intan Jilbab justru banyakan main di mall-mall. Hari ini, kita berangkat jam 11-an dengan destinasi pertama adalah Orchard lagi. Ya, Intan-Jilbab mau beli oleh-oleh di Ion Orchard. Aku jadi ikutan belanja beli flat shoes, kaos-kaos murah di Uniqlo dan spidol-spidol lucu buat keponakan. Kita juga main ke kawasan Scape, semacam daerah perbelanjaan yang ada kaki lima-nya gitu didepannya. Mampir ke Orchard Central Singapur buat liat Dr. Martin's store. Sepanjang siang itu kita sightseeing di kawasan Orchard. Oia, sempet ketemu Eneng Ay sama Intan-Pop yang juga. Around 5 am, aku sama Intan Jilbab sengaja makan duluan, early dinner biar nggak ketinggalan balapannya. Aku makan ramen yang rasanya kok malah mirip indomie ya *dasar bocah Indonesia*.


Around 7 pm, kita udah duduk rapi di-seat. Sayangnya, Eneng Ay dan Intan-Pop agak telat. Balapannya berlangsung cukup seru. As usual, ada insiden kecil kayak nabrak pinggiran karena model race pake jalanan kota yang sempit memang akan 'makan' korban. Dan Sebastian Vettel yang juga megang pole position hasil kualifikasi juga kembali dominan. Well, I'm not a fan of him ya jadinya biasa juga. Di posisi kedua ada Alonso *yay!* dan ketiga diduduki Raikkonnen. Race berlangsung 2 jam-an dan habis itu, aku nggak lagi 'berjuang' ngejar pembalapnya since lebih milih buat ke Padang Stage lagi. It's Rihanna's time. Tapi untuk kali ini, kita milih ditengah-tengah aja dan ngeliat dari layar besar. Rihanna sendiri is so powerful malem itu dan kerennya, dia nggak peduli banget sama kostumnya malah justru tampil total banget dalam bernyanyi. And around 01:00 am, kita yang udah lelah, jalan lagi ke stasiun MRT, dan aku sama Intan Jilbab menempuh perjalanan yang sama seperti malem sebelumnya, naik MRT dan lanjut naik taksi ke aparto oldsis. 



Mon, Sept, 23th, 2013
Setelah pulang dini hari selama 3 malam berturut-turut, di hari Senin ini, bukannya istirahat malah rencana main lagi! Sebetulnya masih ada dua konser lanjutan Formula 1Singapore GP-nya yaitu Owl City sama Justin Bieber di Senin ini tapi harus bayar lagi around 100 SGD. Males kan? Alhasil, rencana aku sama Intan Jilbab adalah main ke Universal Studio Singapore since Intan Jilbab belum pernah kesana dan aku pun terakhir kesana tahun 2010 dulu sementara Eneng Ay dan Intan Pop balik ke Jakarta hari ini. Walaupun badan masih capek, kita berhasil bangun pagi dan sampe di Vivo City around 9 am, beli tiket monorail dan... sampe di USS sebelum USS-nya buka. Alhasil, aku sama Intan Jilbab sightseeing di luar USS, foto-foto di bola Universal, disekitaran store depan hotel dan depan casino.


Gate USS dibuka pukul 10:00 am, sebelumnya ada greeting dari panitia dengan membawa satu keluarga yang kali ini dari Texas. Panda Po juga sempet nyapa kita, aku sama Intan Jilbab pas masuk langsung foto sama Po. Sebetulnya, USS nggak banyak berubah dibanding waktu terakhir kali kesini. Wahana baru yang nambah di New York's Avenue itu Elmo's Spagetthi Chaser yang cute banget dan kita sampe naik dua kali! Then, tentunya ada wahana Transformers yang memang seruuuuuu banget sampe aku dan Intan Jilbab kembali naik dua kali! Sayangnya sih, Battlestar Galactica lagi rusak, jadinya cuma bisa foto-foto didepannya. Kali ini, aku juga berhasil main arung jeram di The Lost World and yay.... totally get wet! Untungnya aku bawa baju ganti. Selalu puas kalau main di USS, mungkin karena emang aku udah berasa aman sama safety di USS dibanding wahana bermain di Jakarta, I talked to you, Dunia Fantasi!


Berhubung Intan-Jilbab merhatiin banget time show, kita berhasil ngeliat banyak show street, salah satunya yang memorable adalah show Sesame Street yang para figure-nya nyanyi tentang dream job mereka. Oia, mereka juga usil banget ke penonton, si note 8-ku bahkan sempet diumpetin gitu. hehehe. Anyway, kali ini juga aku berhasil ngelengkapin acara foto bareng sama beberapa figure, yang usil ya tetep keluarga Sesame Street, dimana Cookie Monster-nya bandel. Oleh-oleh dari USS adalah pouch dan eye mask Elmo dan foto sama figure Transformer. Agak mahal sih emang kalau cetak foto di USS, around 10 SGD per sekali foto. Aku sama Intan Jilbab keluar around 6 pm, walaupun belum tutup tapi kita udah puas sih main segalanya.


Rencananya, malem itu kita mau mampir ke City Link Mall untuk mampir ke Hershey's Chocolate Store tapi ternyata bulan ini tokonya udah tutup! Pantes pas bulan kemarin ngasih diskon besar-besaran ya, ternyata karena mau tutup *nangis*. Intan Jilbab browsing dan nemuin ada toko cokelat murah dan recommended di Orchard, di Lucky Plaza yang namanya ChocSpot. Ujung-ujungnya, aku juga jadi belanja cokelat Hershey's juga. Beli Hershey's Kisses 4 kantong dan yang kecil 2 kantong, dengan total 34 SGD. Nggak semurah yang bulan lalu sih saat ada diskon. Aku juga mampir ke toko kelontong di dalam Lucky Plaza yang jual cokelat cadbury choco stick yang 1 kotaknya cuma 2 SGD. Kelar belanja, kita balik ke Toa Payoh dan Intan Jilbab malem itu langsung cabut karena mau stay di bandara since dia dapet early morning flight.

Mon, Sept, 23th, 2013
Setelah pulang dini hari selama 3 malam berturut-turut, di hari Senin main di USS, pengennya sih hari ini istirahat di rumah since jam 7 malem nanti udah mesti ke Changi Airport buat penerbangan malem. Tapi karena aku anak berbakti dan kesian sama Mama juga yang belum kemana-mana, siang ini, aku sama Mama ke Bugis Street, dimana Mama biasa belanja gelang-gelang dan dompet. Oia, aku juga akhirnya nukerin uang dollar Singapur lagi karena ternyata pas ngecek cuma tinggal sisa 5 SGD. Di Bugis Street, aku beli tas kanvas yang seperti bulan lalu aku beli, 3 buah buat oleh-oleh yang belum dapet dan 1 buah buat aku. Around 3 pm, aku sama Mama juga mampir lagi ke Lucky Plaza karena aku lupa beli tambahan cokelat buat temen-temen kuliah, aku beli Hershey's Bar 20 biji, satu bar-nya seharga 1 SGD. Around 5 pm, aku sama Mama balik. Oia, aku juga harus beres-beres supaya semua barang masuk dalam 2 tas tote bag.

Selesai beres-beres dan nitip baju ke Mama, aku berangkat jam 7 malem ke bandara dengan naik MRT. MRT rame banget karena barengan sama orang pulang kerja. Selesai check in, aku duduk dan sempet foto-foto perayaan di Changi Airport. Around 9 pm, waiting room terminal udah dibuka, tapi sebalnya, ternyata pesawat yang harusnya berangkat jam 10 di-delay satu jam! Sambil nunggu, aku asyik browsing dan makan cokelat aja. Alhasil, jam 11 pm, kita baru naik pesawat, Air Asia malem itu sepi, aku dapet seat ke dua dari belakang dan dari 3 kursi, cuma aku aja! Pesawat akhirnya landing di Jakarta around 1 am. Damn, udah dini hari sehingga Damri udah nggak beroperasi, Aku akhirnya naik taksi dan luckily, sepanjang jalan pulang ditemenin sama Mas via telepon. Bahkan ditemenin sampe rumah dan ternyata Papa juga nungguin loh, padahal waktu itu udah jam 2 dini hari *terharu*.

Note:
Betul-betul lima hari yang sibuk banget! Capek tapi seruuuu tiga hari merasakan 'keramaian' di Formula 1 Singapore GP 2013 and then, seseruan sehari main-main di USS juga! Hopefully, next years bisa balik lagi buat nonton, eh tapi tergantung musisi yang konser siapa dulu sih #pemilih

No comments: