Tuesday, February 12, 2013

Road (and Snorkeling) to Karimun Jawa Islands 2012's Report

It's been a loooong time banget ya setelah post terakhir. Yes, I don't have any travel time during February-October sementara temen justru udah ada yang Umroh ke Mekkah, or even ke Europe. But luckily, di bulan November 2012 dimana terdapat libur di hari kamis dan cuti bersama hari Jum'at, out of blue, rencana jalan-jalan tercetus bersama Eneng Ay plus... we also discussed it with another bff, sebetulnya sih si eneng satu ini temen deket yang baru tahun 2011-an ini doi balik ke Indo dan main bareng kembali, sebut aja si pemalu L, or lebih gampang, L. Selain mereka berdua, kita juga bareng sama kakak perempuan eneng ay dan temen sekolah eneng ay. Total adalah lima cewek siap menggila di laut lepas ;P

Perjalanan or tepatnya bermain ke laut ini temanya backpacker trip. Tapi backpacker ala kita sih tetep aja minta tolong sama komunitas jalan sih ya secara males ngurus sendiri, hihihihi.... kita join di acara Karimun Jawa-trip yang dibuat Smart Trip Adventure, dengan durasi 3 hari 2 malam, kita cuma harus bayar 750k. Murah? Iya murah karena memang biaya sebesar itu cuma untuk biaya disana sedangkan biaya perjalanan dari Jakarta ke Jepara, Jawa Timur, belum masuk. Apalagi, sebelum hari keberangkatan, gue, pemalu L dan eneng Ay sibuk nyiapin peralatan tempur kayak baju renang baru dan alat snorkeling, bikin pengeluaran jadi membuncit juga ya *pukpuk diri sendiri*

Nov, 15th, 2012, Thu
Hari kamis yang libur nasional bikin perjalanan jadi lebih santai. Packing baru dilakukan di pagi hari dan udah di-warning untuk nggak bawa koper, jadilah gue bawa cuma satu ransel dan berangkat ke Terminal Lebak Bulus around 1 pm. Di terminal, gue janjian sama L untuk naik Bus Nusantara. Yes, road trip kali ini dilakukan dengan naik bis dan luckily, bis-nya nyaman banget dengan kursi dan space kaki yang besar. Bis jalan around 3 pm dan sebelum maghrib, bis sampai di Terminal Kampung Melayu dimana eneng ay, kakaknya dan temennya naik. And now, we're off to Jepara. Anyway, waktu liburan kali ini gue sempet-sempetnya loh bawa buku buat belajar essay writing TOEFL. Don't ask me why ya ;P

Nov, 16th, 2012, Fri
Sekitar 4 am, gue dibangunin sama L untuk turun. Agak kaget, eh ternyata bus-nya nggak nganter kita sampai Jepara, jadi kita diberhentikan di Kudus. But don't worry, dari terminal Kudus, Bus Nusantara nyediain mobil elf buat mengantar kita ke Jepara. Perjalanan ke pelabuhan Jepara sembari menikmati morning view pedesaan is quite nice, dan pas kita sampai di pelabuhan around 6 am, finally kita ketemu rombongan yang sudah tiba duluan.

Setelah isi perut di warung pelabuhan dan nunggu sambil klak-klik, perahu yang membawa kita ke pulau Karimun Jawa namanya Bahari Express. Perahunya lumayan besar semacam middle ferry tapi... sumpek banget dengan banyaknya penumpang gelap. Perjalanan menuju Karimun Jawa cuma makan waktu 1,5 jam and pas sampai, kita di'naikin' mobil kijang untuk dibawa ke homestay. Setelah selesai pembagian kamar, lunch dan nunggu yang lelaki muslim selesai shalat Jum'at, perjalanan menuju pulau dimulai dengan perahu boat sederhana dari kayu dimana kita duduk lesehan di atasnya.

Anyway, perjalanan pertama ternyata nggak langsung menuju gugusan pulau. Kita justru diajak 'turun' di tengah lautan buat latihan snorkling sekalian difoto. Gue lumayan menikmati pengalaman pertama snorkling, sehabis snorkling kita menuju ke pulau kecil. Buat menuju pulaunya, kita harus jalan diantara terumbu karang karena boat-nya nunggu agak jauh, mirip kayak zombie deh, disana kita nggak lupa untuk foto. Setelahnya, kita naik perahu lagi dan diajak ke Pantai Tanjung Gelam. Di Tanjung Gelam ini lumayan ada 'kehidupan' dimana ada tukang jualan mie rebus dan minum yang lumayan buat ngeganjal isi perut, acara makan membuat kita agak kelewatan ngeliat sunset :p.

Around 6 pm, kita kembali berlayar dengan kondisi agak gelap ke pulau Karimun Jawa. Pas sampai badan udah lepek banget tapi sedihnya mesti ngantri kamar mandi. Sehabis ngantri kamar mandi yang lumayan bikin capek, kita lanjut dinner dan karena capek pun kita langsung bobok. Karena kamarnya nggak cukup menampung 5 cewek, gue dan pemalu L berpisah sama eneng Ay, gue sekamar bertiga sama L dan temennya eneng Ay, si jilbab C.

Nov, 17th, 2012, Sat
Listrik di pulau Karimun Jawa itu mati di pagi hari jam 6 am. Gue sih sempet nyatok bentar tapi nggak guna juga ya. Di hari kedua ini, seragam renang warna ungu dongker sudah siap dikenakan, untungnya kakak eneng ay juga pake baju yang nggak kalah ganggu. Sekitar 8 am, kita uda berangkat ke tempat penangkaran hiu untuk foto sama hiu. Gue lumayan beran tapi kayaknya hiu-nya yang nggak berani deket-deket. Setelah itu, kita ke pulau gosong yang letaknya kecil banget di tengah lautan, di pulau gosong ini kita berfoto se-group dan tiba-tiba, it looked like a storm is coming. Kita buru-buru kembali ke perahu dan sempat satu jam-an diam di perahu sambil minum tolak angin karena anginnya memang gede banget.

Luckily, badai selesai dan membuat grup bisa langsung berlayar lagi untuk snorkling di Terumbu Karang Gosong. Nah, disini gue udah mulai capek banget. Medannya lebih berat karena lebih dalam. Gue hampir kebawa arus sebelum diselamatin sama si mas pemandu wisata. Pas ngecek kaki, duh, baju renang ternyata udah robek karena kena karang. Akhirnya, gue memutuskan naik tanpa ikut foto. Sehabis snorkling, kita lanjut makan siang di Pulah Tengah. Pulau Tengah ini cute banget, kita jalan ke pulaunya lewat gugusan kayu, dan makan ikan bakar di cottage-nya yang mana ikannya berasa nikmat banget. Sehabis makan, kita jalan-jalan dipinggir pantai dan as usual, klak klik sebentar dong sebelum naik kapal kembali.

Adventure dilanjutkan kembali dengan snorkling! Nah disini gue udah bener-bener give up. acara snorkling di Pulau Menjangan Kecil keliatannya oke banget karena bisa foto sama si ikan clownfish, mau banget tapi badan udah nggak kuat sekali :p. Sama kakaknya eneng ay, gue cuma duduk di atas perahu sambil nunggu temen-temen yang pada jadi foto model pas snorkling. Setelah snorkling, kita balik ke Karimun Jawa. Belum terlalu malem and luckily, nggak ngantri banget mandinya. Setelah mandi, kita memutuskan untuk bermalam minggu di alun-alun kota. Ya, dialun-alun ini banyak yang jual makanan sembari diputarin video wisata sama pemerintah setempat. Berasa nonton layar tancap ditemenin sama snack kayak singkong goreng dan wedang ronde. Sehabis nongkrong, kita mutusin buat cari oleh-oleh sedikit, Karimun Jawa sendiri sih bukan tempat asyik untuk belanja, alhasil gue cuma bawa pulang ikan-ikan asin yang diawetin buat mama. Sekitaran10 pm, kita balik ke home stay dan bobok.

Nov, 18th, 2012, Sun
Last day!  Dari pagi, kita sudah disuruh beres-beres karena perahu berangkat 9 am. As usual, klak klik dulu di depan pelabuhan Karjaw. Setelah ngantri banget pas masuk ke perahu, gue tiba-tiba nyasar ke tempat duduk yang lain, seram banget! Karena perahu-nya as I wrote before, penuh banget dimana-mana. Untungnya, gue berhasil balik lagi ketemu sama temen-temen. Setelah sampai ke pelabuhan Jepara, kita naik becak berdua-dua menuju terminal bus. Kita akhirnya mutusin buat menyewa satu bus biar berangkatnya bisa lebih cepat. Setelah makan bakso di terminal, bus akhirnya jalan sekita 2 pm dari terminal, akhirnya kita meninggalkan Jepara dengan ditemani hujan rintik-rintik. Sekitar 6 pm, kita sempet berhenti di sekitaran jawa tengah buat dinner dan... lanjut bablas sampa dini hari.

Nov, 19th, 2012, Mon
Bus sampe di terminal Lebal Bulus sekitar 3 am, gue sama L yang awalnya mau naik taksi akhirnya mutusin buat naik bis dulu ke Citos dan dari Citos baru lanjut naik taksi ke rumah gue. Setelah mandi, gue langsung siap-siap untuk kerja kembali, around 6 am, gue sama L naik taksi menuju Tanah Abang. Iyaaaa banget ya, gue langsung ke kantor pagi itu.... and back to real life.

Note:
Road and boat trip ke Karimun Jawa ini biarpun capai tapi fun banget! Apalagi landscape gugusan pulau dan pantai di gugusan pulau Karimun Jawa was totally beautiful. Tapi kalo disuruh kesana lagi, errrr... mikir lagi sih soalnya capek dan penuh perjuangan banget *ngeliat dengkul dan bokong belakang lebam hitam gara-gara ketabrak karang*