Friday, April 19, 2013

Road (and Snorkeling again!) at Lombok (with Co-workers) 2013's Report

I'm back with another holiday story, and this time, I'm back with my trip-story with my co-workers. Different from the two previous trips at 2011 (Bali) and 2012 (Bandung), this year, I got new girls co-workers, yay!. Ya, di bidang dapat tambahan dua cewek yang nggak kalah genggong dari temen-temen trip yang biasa, yaitu si Mbak T and si eneng T yang membuat perjalanan juga jadi berwarna. Plus satu lagi, that annoying girl didn't join us because she's afraid of the budget airplane that we use *hoooray*

And what made me happier, the destination is... Lombok! I never go to Lombok before dan memang ngebet banget pengen kesana, and luckily, co-workers setuju. Perfect no? Nggak keluar uang trip tapi berhasil mencapai destinasi impian. Oh iya, untuk perjalanan kali ini, bidang gue memakai tour travel yang berbeda dengan yang dulu kita pake di Bali. Untuk paket Lombok 3D2N ini kita menggunakan Stargate Tour, dan setelah sedikit perang urat terkait dengan hotel since sempat dipindahkan ke hotel lain, finally kita berhasil nuntut untuk kembali ke hotel semua. Yay! And here's my Lombok's story

February 1st, 2013, Fri
As usual, kebanyakan trip kantor memang akan mengorbankan office hour di hari Jum'at. Rombongan kita pun dibagi dua, ada yang dapat pesawat  Lion Air penerbangan pagi 09.00 am, ada yang dapat pesawat sore. Sebagian besar rombongan sih berangkat pagi sementara bos besar stay karena beban kerja mereka yang jauh lebih besar *hihihi*. Setelah sempat hectic di pagi hari nunggu peserta yang datang dan ada pula yang cancel last minute 2 orang, kita beruntung karena sampe di bandara lumayan cepet dan makan di A&W sebelum check in around 10.15 am.

Perjalanan ke Lombok nggak begitu terasa, maybe because I felt sleepy as always, I think, it took just like 2  hours dan sampe lombok sekitar 02:00 pm. Pas sampai di bandara Bandar Udara Internasional Lombok, felt quite surprised like when I was at Makassar. Bandara ini baru dibangun dan modern banget! Setelah klak klik norak di airport, rombongan dipandu sama local guide Pak Ahmad ke bus. Sempet down juga sih di hari itu ketika disambut cuaca mendung Lombok dan sempet nanya ke local guide gimana kalau besok hujan sementara rencana utama kan mau ke Gili Trawangan, yang dijawab cuek sama si local guide, ya kalau hujan berarti nggak jadi ke Gili Trawangan *nangis*

Destinasi pertama di Lombok itu lunch siang di restoran yang sederhana tetapi pemandangan di sekelilingnya is quite nice dan bikin kita, as usual, gak berhenti foto-foto. Setelah makan, seharusnya kita diantar ke pantai Kute tapi kata local guide, pantai-nya udah nggak begitu bagus karena terlalu ramai sehingga kita diarahkan ke pantai Tanjung A'an yang memang.... sepi banget! Tanjung A'an terletak di selatan bawah pulau Lombok dan gue suka pantainya yang tenang dan pasirnya yang putih. Memang sih karena pasirnya putih jadi buat air lautnya kelihatan bening banget dan malah nggak biru. Selain asyik menikmati pantainya, kita pun bahkan sempet belanja kaos dari pedagang yang ada disekitaran pantai.

Setelah dari Tanjung A'an, destinasi kedua adalah... rumah adat suku Sade di desa Sade. Believe it or not, rumah adat ini dibuat dari campuran tanah liat dan puppy kerbau *yuck*. Di desa Sade, kita sempet foto-foto sama si nenek gaul, ngeliat hasil tenun masyarakat sana yang sayangnya harganya mahal *cried* dan lucunya, anak-anaknya pada ngekor rombongan minta uang gitu. Setelah dari desa Sade, kita diajak ke desa Sukerare, ke tempat rumah penduduk yang jadi balai warga dan menjual kain tenun khas Lombok. Lucunya, didepan rumahnya, ada barisan mbak-mbak muda yang lagi nenun. Di rumah ini, gue sempet belanja kain sarung tenun dua buah buat bokap dan nyokap. Si Mbak T malah sempet belajar nenun dari si mbak-mbak penenun. it's quite an experience tho'!

Done with all the traditional thingy, untuk dinner, kita makan di restoran ayam taliwang dimana... gue nggak bisa makan ayam-nya karena pedes banget even udah ditutupin pake kecap *poor me*. Setelah makan, around 09:00 pm, kita finally sampe ke hotel Sentosa di daerah pinggir Pantai Senggigi. Hotel bintang empat ini oke walaupun masuk ke dalamnya agak jauh. Setelah mandi, Gue, Mbak T dan eneng T niat mencari hiburan malam. Setelah meet up sama geng bapak-bapak, akhirnya kita mutusin karaoke-an di klub sekitar hotel, and it's quite fun! Eventho' I failed to sing Goyte's Somebody That I Used to Know but we love on how this night ended by joget-joget gila denger lagu Darah Muda-nya Rhoma Irama dan On The Floor-Jennifer Lopez. Kita karoke-an sampe 02:00 am, dan pas balik ke hotel, jelas kita udah tepar.

February 2nd, 2013, Sat
Today's destination is Gili Trawangan! Yay! Setelah breakfast dan klak klik di hotel, rombongan berangkat sekitar pukul 10:00 am. Alhamdullilah, langit cerah banget sehingga kejadian yang awalnya ditakutkan gue sewaktu di Bandara nggak bakal kejadian. Kita naik boat menuju Gili Trawangan dari daerah Bangsal. Sebelumnya, bus berhenti di tempat parkir dan kita dianter dengan andong kecil untuk berempat ke Bangsal. Boat menuju Gili Trawangan sederhana tapi ternyata lumayan cepet, around 11.30 am, gue udah bisa ngeliat pulau-pulau di Gili and... finally kita sudah sampai di Gili Trawangan.

And... errr, gue cukup kecewa sih pas mendarat di Gili Trawangan karena it's too crowded! Pantainya memang bagus tapi sayangnya penuh dengan sunbeds dan kafe-kafe yang letaknya deket banget ke pantai, plus... banyak banget tourist local dan non-locals yang lalu lalang sementara jalan utama di pulau itu kecil. Setelah sempet bingung mau ngapain, apa keliling pulau naik delman, naik perahu glassboat keliling pulau atau snorkling, akhirnya rombongan kebagi dua, ada yang milih naik glassboat buat ngeliat karang di laut Gili Trawangan dan Gili Meno, ada yang milih snorkling, termasuk gue yang memang sudah siap-siap peralatan snorkling yang dulu pernah dibeli demi trip ke Karimun Jawa.

Yay, I will have another snorkeling's time!  Dan setelah balada penjapit kacamata gue ilang di laut walhasil harus minjem punya mas-nya, dan setelah berjuang ngirup, finally, I enjoyed my snorkling time at the sea. Asyik deh ngeliat ikan-ikan dan karang-karang di sekitaran Gili Trawangan dan Gili Meno. Memang sih, karangnya nggak sewarna-warni yang gue kira. Sama mas-nya pun kita dibiarin bebas walaupun gue lumayan culas deket-deket sama mas-nya mulu biar dapet banyak foto :p. Setelah satu jam-an snorkling, kita balik ke perahu dan voila, pastinya udah item banget dong gue. Habis balik ke pulau dan bilas, gue makan dengan lahap walaupun sih jujur, restorannya nggak enak-enak banget. Kita nggak lama di Gili Trawangan, around 04:00 pm, we're on the way balik ke pulau Lombok.

Setelah itu, rombongan, walaupun nggak semua, sempet turun dan foto di bukit Malimbu dengan latar belakang pantai yang memang oke walaupun agak serem pas ngeliatnya karena letaknya curam banget. Lombok hari kedua ini panas banget dan entah kenapa, gue berasa puluhan kali lebih hitam *ya iya sih, habis main air di laut pas tengah hari juga siangnya*. Setelah itu, kita diajak mampi ke toko mutiara yang bagus banget tapi sayangnya harganya memang lumayan mahal di toko ini. Nyokap sempet nitip bros tapi pas gue kasih tahu harga bros mutiaranya 900k, katanya nggak usah dibeliin, such a very understanding mom! I love you, mom!

Setelah itu, kita mampir ke toko oleh-oleh makanan yang namannya justru jawa banget. Gue beli manisan laut, keripik pisang dkk buat keluarga dan nemu sandal I love lombok yang gue beli 2 buah buat si eneng Ay and pemalu L. Then, kita mampir ke toko oleh-oleh pakaian Lombok Excotica. Gue beliin nyokap 2 daster, baju buat 4 keponakan dan dress buat si eneng-eneng ganggu. Hadiah buat gue sendiri sih cuma satu buah kaos tidur aja. Total belanja oleh-oleh makanan dan baju around 900k, not very expensive kan? Puas belanja, kepala gue udah pusing banget karena kelaparan dan luckily, dinner malam ini menunya seafood yang enak banget! Gue sampai nambah beberapa kali apalagi suasanan makannya yang ditengah sawah bikin hawa jadi segar banget. Around 09:00 pm, kita sampai di hotel dan kali ini, kita terlalu capek buat keluar lagi.

February 3rd, 2013, Sun
It's our last day! Setelah breakfast, jalan-jalan keluar hotel menuju pantai Senggigi, ngobrol nggak jelas di pinggir laut sama mbak T dan eneng T, beli kaos tambahan buat oleh-oleh, kita bertiga balik ke hotel around 10:00 am, tiduran di sunbeds sembari ngetawain geng cowok yang main bola air sebelum.... Lombok diguyur hujan yang lumayan deras pagi itu! Bersyukur banget kemarin pas ke Gili Trawangan cuacanya sangat bersahabat. Setelah beres-beres kamar, around 11:00 am, kita udah check out. Local guide sempat menawarkan opsi untuk mengunjungi pura yang ada makam-nya tapi big boss gue emang siaul ya, doi nggak mau dan milih dateng ke toko tenun lagi *secara dia nggak ada pas hari pertama jadinya he's excited for this but we're all like ugh, been there!*

Jadilah kita mampir di toko tenun yang juga ada toko kerajinan kayu-nya dan itu lumayan lama karena boss gue juga ceritanya mau shalat di situ juga. Jadilah hari ketiga nggak berasa se-excited dua hari sebelumnya karena kita cuma lihat-lihat barang kerajinan. Well, sempet sih foto-foto diatas delman-nya tapi lumayan bosan juga. Around 04:00 pm, kita diantar balik ke airport. Sempet nunggu lama di bandara karena pesawatnya baru berangkat 06:00 pm. Setelah hahahihi sambil makan rambutan, finally kita back to Jakarta around 08:00 pm and... sebelum balik, kita makan malam dulu di bandara Soekarno Hatta. Dan menunya adalah... bakso khas Senayan *betul, kangen banget sama bakso deh!*. Setelah perut kenyang, gue naik Damri ke Blok M dengan bawaan yang lumayan segunung dan kemudian ngelanjutin lagi naik taksi dan finally, I'm back to home around 11:00 pm. What a tired day!

Note:
Perjalanan ke Lombok is quite fun! Walaupun Gili Trawangan nggak seindah yang dibayangkan but I love the snorkling part, plus the girls are very fun companion! Plus, cuma ngeluarin uang buat belanja oleh-oleh karena mostly, biaya travel ditanggung sama bidang.