Saturday, February 8, 2014

Road (and Camping) to Tanjung Lesung (with College Besties) 2014's Report

Liburan pertama di tahun 2014 dilakukan bersama dengan teman-teman S2 MPKP FE-UI. Inget kan kalo per semester kedua 2013 aku kuliah lagi? Nah, perjalanan ini rencananya buat bonding dan buang sial paska semester satu yang udah selesai. Awalnya, semuanya tertarik, bahkan sempet ada rapat-rapatan gitu loh, sampe 3 kali rapat malah. Awalnya banyak yang daftar mau ikut tapi pas realisasi acara, gak semua yang terdaftar ikut juga sih karena mostly dari kita-kita udah banyak yang bapak-bapak dan ibu-ibu jadi tentunya susah buat mereka untuk meluangkan weekend. Sedihnya lagi, saat itu, Jakarta lagi diterpa banjir (hampir) dimana-mana yang membuat semua keluarga was-was dan berdampak pada bapak-bapak yang makin berat ninggalin keluarganya cuma buat berlibur.

Dari total 30-an mahasiswa, perjalanan ke Tanjung Lesung ini diisi sama banyakan single ladies, ada aku, Ecy si anak gunung, Isni yang kalem, Ester yang cantik ala bule, Sarah si jangkung, dan yang bapak-bapak cuma 3 orang ada Pak Ketu, Mas Bas dan Pak Ustadz, alhamdulillah bawa istri jadi bisa ramean *yay!*. Oia, buat perjalanan ini kita nggak perlu ngambil cuti karena dilakuin pas weekend. Terus untuk tetek bengeknya emang aku jadi sekretaris yang nyatet ini itu sementara Ecy jauh lebih sibuk koordinasi, untuk nginep di Tanjung Lesung, kita ambil paket camping Green Coral yang lumayan murah, cuma 350k untuk 2 hari 1 malam, sudah termasuk konsumsi dan water sport segala.

Sat,
Rencananya kita berangkat pagi dengan naik bus yang disewa dari kementerian ESDM *niat banget ya naik bis segala abisnya awalnya mikir bakal rame, hihihihi*. Setelah kumpul peserta, kita langsung cus around jam 8 am dan pas perjalanan lewat Jakarta Utara, ketemu dengan keindahan banjir yang memang saat itu lagi menerpa Jakarta dan sekitarnya. Untungnya, air untuk ukuran bis nggak tinggi-tinggi banget dan kita sukses melewati banjir Jakarta. Perjalanan ke Tanjung Lesung diperkirakan sih sekitar 6 jam-an, tapi pas sekitar jam 12-an, kita sempet istirahat dan mampir di daerah      , udah ada laut disebelah kanan-nya walaupun nggak bagus-bagus amat dan ada juga mercusuar! Sayangnya aku udah terlalu gendut dan males ya buat naik keatas. Alhasil cuma nunggu temen-temen yang pada naik ke mercu suar aja sama Isni.

Setelah dari mercu suar, perjalaann lanjut ke Tanjung Lesung yang imo, jalannya kurang bagus deh. Jalanan mulai bagus saat udah masuk komplek yang kayaknya memang dibangun sama pengelola. Aroung 2 pm, kita sampai di perkemahan dan I'm totally glad sama tempatnya yang menurut aku homey banget. Oia, jangan bayangin kita nginep cantik di villa atau resort, sesuai dengan harga dan judul posting-an, kita nginepnya di tenda model camping gitu tapi yaaa semi camping karena didalamnya ada kasur busa juga kok. Setelah sampe, kita langsung late lunch dan beres-beres. Waktu itu di Tanjung Lesung juga agak-agak gerimis sih. Sehabis makan, kita jalan-jalan disekitaran pantainya dan pas sore mutusin buat main kayak -yang termasuk dalam paket camping, dimana kita dapat 1 jam free buat water sport- lumayan seru juga walaupun nggak jauh-jauh sampe ke tengah laut.

Abis main air, kita bersih-bersih dan asyiknya, Green Coral juga nyajiin snack time, snacknya ada pisang goreng yang kita bawa jalan sambil nyari spot oke buat liat sunset. Ketemu sama pantai yang pasirnya bersih, jiwa artsy gue langsung keluar *halah*, langsung deh aku ngukir tulisan 'pasti lulus 2015* diatas pasir, that's words is kinda of mantra dari sejak kita masuk, intinya sih, harus banget deh nyelesein kuliah tepat waktu dan gak mau nunda-nunda lagi *aminnnnn*.  Sambil ngeliat sunset tentunya gak lupa dong kita foto-foto, abis itu makan malem lagi dan malam diisi dengan karokean. Errrr actually Ecy sama Ester yang nguasain mike karena emang suara mereka top banget, aku mah cuma dieeem seribu bahasa saat disuruh nyanyi, jelekkkk banget kan suaraku. Pas karokean ini juga, Pak Ustadz dan istri bikin kita terharu karena mereka punya lagu cinta berdua *jadi irik aku, hihihoho*. Paska karokean, around 11 pm, kita udah pada ngantuk semua dan masuk camp buat bobok.

Sun,
Udara Tanjung Lesung yang dingin sempet bikin aku dini hari ke toilet sih, untungnya toilet dan camp nggak jauh letaknya. Sempet agak telat bangun pas paginya jadi akhirnya telat nggak bisa liat sunrise. Akhirnya langsung aja... sarapan. Ahahahaha... hobinya makan mulu deh! Alhamdulillah-nya, konsumsi yang disediain berlimpah banget jadi kalo mau nambah yah nggak apa-apa.Oia, jadwal pagi ini biarpun tetep gerimis sedikit adalah snorkeling, yay! Akhirnya kita dibawa pake perahu boat menuju ke laut yang lebih jauh. Aku dengan pede-nya pake amunisi snorkeling pink yang baru dipake 2 kali sebelumnya dong. Sayangnya sih, menurutku, ikan-ikan dan pemandangan biota laut di Tanjung Lesung nggak sekeren di Lombok atau Karimun Jawa sih. Paska main air dan snorkeling sekitar 1 jam, kita balik lagi ke darat, mandi, dan berbenah.

Oia, siang ini kita nggak dapet jatah makan siang (jadwal makan 3 kali, makan siang udah diambil jatahnya pas hari Sabtu). Alhasil habis beres-beres kita langsung cus dari camping Green Coral. Tapi toh nggak langsung pulang ke Jakarta, kita mampir ke Pantai    yang supposedly pantainya indah tapi sayangnya kotor karena kurang perawatan, hiks! Pas mau masuk ke pantai ini juga kayaknya sempet dimintain uang tapi untungnya orang Green Coral nemenin di bis sehingga dia info bahwa kita bukan wisawatan one day tapi emang nginep sehingga nggak kena additional fee. Paska foto-foto sedikit, kita langsung cus lagi balik ke Jakarta karena toh emang percuma juga mau main air lagi since pantainya banyak ranting-ranting dan toh, baju kita udah pada bersih juga.

Di perjalanan balik ke Jakarta, around 1 pm, nggak lupa dong kita isi perut dulu direstoran seafood. Setelah makan baru deh kembali ke Jakarta dengan perut kenyang. Bus sampe di Jakarta, di Salemba UI tepatnya around 6 pm, sehingga kita semua solat Maghriban dulu di mesjid. Setelah itu ngobrol-ngobrol sedikit dan after that, aku pulang ke rumah dengan taksi karena biarpun nggak capek-capek banget, tapi tetep aja sih, bawaan tas ransel yang penuh sama baju kotor cukup berat.

Note:
Perjalanan pertama sama anak-anak MPKP UI! Yay! Biar cuma sedikit anggotanya tapi tetep seneng! Semoga bisa lanjut lagi next time, ke tempat yang lebih jauh dan waktu yang lebih lama.